KOTA GRESIK (Budaya,Makanan,dan Ciri Khas)

Kota Gresik (Budaya, Makanan, Ciri Khas)

gresikGresik adalah kota yang terletak di sebelah utara kota Surabaya. Bagian dari provinsi Jawa Timur. Merupakan daerah yang mempunyai banyak sejarah dan tradisi.

1. Budaya Kota Gresik

Gresik di kenal dengan budayanya yang terus berjalan dan turun temurun dari generasi ke generasi, contoh saja pasar bandeng dan malam slawe. Pasar bandeng merupakan tradisi atau kegiatan para masyarakat gresik untuk menyambut hari raya idul fitri, namun yang ikut merayakan juga bukan masyarakat Gresik saja melainkan juga masyarakat dari kota-kota tetangga, seperti , Lamongan, Sidoarjo, Mojokerto dan kota sekitarnya.

tradisi-pasar-bandeng-gresik-004

Dan selain tradisi pasar bandeng, juga ada tradisi malam selawe yang sudah berlangsung sejak lama dan tidak di ketahui mulai kapan berlangsung, dan masyarakat melangsungkan tradisi tersebut hingga sekarang, dan tradisi ini selain malam untuk mencari lailatul kaddar malam selawe juga digunakan para peziarah untuk berziarah ke Makam Sunan Giri, dan di sana banyak sekali dari berbagai daerah berdatanga, dan juga dari berbagai usi, acara ini di adakan pada hari ramadhan ke-24 sebelum malam ke-25.

para peziarah yang memenuhi area pemakaman

2.   Makanan Kota Gresik

Gresik mempunyai makanan cirikhasnya yang sudah di kenal luas yaitu nasi krawu, makanan ini berisi srundeng biasanya ada dua warna, sambal yang ekstra pedas dan serutan daging dan jika ada juga jeroan menyertainya, serutan daging inilah yang menjadi cirikhasnya, dan dimakan dengan nasi yang pulen atau nasi yang teksturnya lemas dan lembut, dan selain nasi krawu ada juga olahan bandeng yaitu otak-otak, dan pudak yang selalu menjadi oleh-oleh khas Kota Gresik.

Nasi Krawu

Pudak

Otak-Otak

3. Ciri Khas Kota Gresik

Setiap kota mempunyai ciri khas sendiri-sendiri, dan kota Gresik mempunyai ciri khasnya yang sudah dikenal setiap orang dari segala penjuru yang pernah berkelana di kota Gresik, yaiti di dalam ruang lingkup kota ini selalu terdpat banyak sekali bermacam-macam industri dari industri rumahan sampai industri pertamina yang sudah internasional, dan industri yang paling mencolok di sana yaitu Semen Gresik, yang produknya sudah dipakai seluruh masyarakat indonesia, oleh karena itu kota Gresik biasa disebut kota industri.
Selain mempunyai ciri khas kota industri Gresik juga sering di sebut kota santri, dan kota pudak, apalagi Gresik saat ini menambah fasilitas-fasilitas baru yang masi dalam tahap proses pembangunan, seperti pelabuhan internasional dan stadion.

Perindustrian di Gresik

Perindustrian di Gresik

songkok merupakan cirikhas industri rumahan di Gresik

Berikut merupakan artikel mengenai  (Budaya, Makanan, Ciri Khas) kota kelahiran saya yaitu Kota Gresik